Kadisparpora Bondowoso ingin optimalkan showroom produk unggulan Kabupaten Bondowoso yang berada di kawasan Alun-Alun Bondowoso. Hal ini diungkapkannya dalam forum rapat bersama Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kadiskoperindag dan Kasat PolPP serta perwakilan dari BPKAD yang dilaksanakan pada hari Senin, 6 September 2021 di Ruang Rapat Disparpora.

Showroom produk unggulan Kabupaten Bondowoso berada di lokasi yang strategis karena berada di pusat kota. Saat ini bangunan tersebut digunakan sebagai ruang pamer produk unggulan kabupaten yang dikelola oleh Diskoperindag. Namun menurut Kadisparpora, pemanfaatannya masih bisa dioptimalkan untuk mendukung program Ijen Geopark.

“Maka dari itu kita ingin berkolaborasi dengan Diskoperindag selaku pengelola aset pemerintah daerah tersebut agar dapat memberikan manfaat yang lebih bagi masyarakat dan wisatawan.” ujarnya.

Forum rapat menyepakati kolaborasi Diskoperindag dan Disparpora dalam pemanfaatan showroom produk unggulan tersebut. Setelah rapat seluruh peserta bergeser ke lokasi showroom untuk melihat kondisi bangunan sekaligus melakukan pemetaan fungsi ruang di dalamnya. Gedung tersebut rencananya akan segera dimanfaatkan sebagai pusat informasi Ijen Geopark dan display beragam geoproduk dan ekonomi kreatif.

“Lokasinya berada di pusat kota sehingga semakin memperkuat branding Ijen Geopark di kota sekaligus mempermudah masyarakat dan wisatawan untuk mendapatkan informasi terkait Ijen Geopark dan parekraf Bondowoso” imbuh Kadisparpora.