Badan Pengelola Ijen Geopark mulai melaksanakan Program School Go to Geopark dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Kunjungan kali ini dilakukan oleh siswa siswi SMP Negeri 3 Bondowoso ke Pusat Informasi Ijen Geopark (geopark corner) di Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kab. Bondowoso, Selasa (6/4/21) dengan maksud untuk mengetahui dan memahami tentang pengelolaan dan pengembangan sebuah kawasan taman bumi ( geopark ).

Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan Geopark Goes to School yang telah dilaksanakan secara indoor di  sekolah, yang mana tim dari Pengurus Harian Ijen Geopark (PHIG) Bondowoso bertandang ke sekolah dan menyampaikan materi-materi tentang Geopark. Sebagai tindak lanjutnya, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga dan Badan Pengurus Harian Ijen Geopark (PHIG) Bondowoso bekerjasama dengan pihak sekolah kemudian mengadakan kegiatan bertajuk School  Go to Geopark, dimana kini giliran para siswa-lah yang turun ke lapangan

Dihari yang sama sejumlah Kepala Sekolah melakukan kunjungan ke beberapa situs Ijen Geopark di Kecamatan Ijen. Hal ini penting dilakukan karena belum tentu semua memiliki pengalaman berada di situs-situs Ijen Geopark. Dilokasi para peserta dapat menyaksikan dan mengalami langsung suasana di sekitar situs Ijen Geopark sehingga akan lebih mudah bagi Kepala Sekolah menentukan program di Sekolahnya terkait upaya pengenalan dan pemahaman Ijen Geopark kepada peserta didik.

Dikalangan lembaga pendidikan sangat penting bagi program pengembangan geopark karena pendidikan merupakan salah satu pilar utama pengembangan Geopark selain konservasi dan pemberdayaan.

Beberapa sekolah khususnya yang berada di dalam deliniasi telah mendukung upaya pemasyarakatan Ijen Geopark melalui penyedian Geopark Corner dilokasi sekolahnya, sehingga masyarakat dan peserta didik dengan mudah mengakses informasi Ijen Geoprk.