Ijen Geopark Run merupakan ajang lari eksibisi dan merupakan rangkaian dari Geopark Run Series, event ini diikuti oleh influencers runners, pelari-pelari ultra marathon yang sudah malang melintang di dunia marathon.

Pelaksanaan Ijen Geopark Run Exhibition ini ketuai oleh Tri Saputro yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 2018. Geopark Run selalu dilaksanakan di kawasan yang tengah menggagas Geopark. Geopark Run lebih ke arah promosi wisata dan efek viral dari foto yang dihasilkan.

Menempuh jarak + 65 kilo meter di awali start di Geosite Dinding Kaldera Megasari Bondowoso (puncak megasari) dan finish di Kantor Bupati Banyuwangi serta melewati beberapa geosite yang ada di kawasan Geopark Ijen.

Event ini berlangsung selama tiga hari tanggal 2 April s.d 4 April 2021 dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat yang sudah diatur oleh Kemenparekraf RI serta tujuan dari acara ini yaitu untuk mempromosikan Geopark Ijen menuju Unesco Global Geopark.

Wakil Bupati Bapak Irwan Bachtiar Rahmat menyampaikan, kegiatan ini rangkaian dari mempromosikan Ijen Geopark dan harapannya kedepan dapat mengadakan event yang lebih besar lagi yang bertujuan agar keindahan alam yang ada di Bumi Ki Ronggo bisa diperkenalkan kepada masyarakat luas.

Field trip dihari pertama Jum’at, 2 April 2021 rombongan yang berangkat dari Jakarta diajak berkeliling disalah satu Geosite yang berada di Kab. Bondowoso ,Geosite ini disebut Batu So’on (batu susun) tepatnya di Desa Solor Kecamatan Cermee Kab. Bondowoso.

Sabtu pagi (3/4/2021) Start dimulai dari Puncak Dinding Kaldera Ijen Megasari mengikuti rute ke arah Aliran Lava Plalangan lalu menuju Kawah Wurung dan dilanjutkan ke Aliran Asam Kalipait dan rombongan Bondowoso berakhir di Paltuding Kawah Ijen. Disana perjalanan pelari dari Bondowoso selesai, berikutnya dilanjutkan pelari dari Banyuwangi untuk melanjutkan perjalanan higga Finish di Pendopo Bupati Banyuwangi.

Bagi kalian yang penasaran gimana keseruan Ijen Geopark Run Exhibtion 2021 tonton aja videonya