Kopi merupakan salah satu produk unggulan Kabupaten Bondowoso. Berkaitan dengan Ijen Geopark, kopi menjadi salah satu geoproduct yang memiliki nilai jual tinggi dan kebun kopinya masuk menjadi salah situs biologi dalam Ijen Geopark. Hal ini disebabkan Kopi Bondowoso (Arabica Java Ijen Raung) memiliki kekhasan cita rasa, nilai biologis serta geologis dataran Ijen.

Hari ini Disparpora Bondowoso mendapat kunjungan dari Pemerintah Kabupaten Lumajang (Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dan Bappeda Lumajang) yang ingin menggali informasi lebih mendetail tentang konsep pengembangan dan branding kopi di Bondowoso. Pengembangan Kampung Kopi Pelita yang merupakan salah satu marketplace kopi khas Bondowoso menjadi fokus pembahasan dalam pertemuan pagi tadi.

Tampak hadir dalam pertemuan yang diterima oleh Kabid Pariwisata dan Kabid Pemuda Olahraga Disparpora tersebut, Sekretaris Kampung Kopi Pelita, perwakilan Diskoperindag Bondowoso, perwakilan Dinas Pertanian Bondowoso serta Pengurus Harian Ijen Geopark wilayah Bondowoso.

Dalam kesempatan tersebut disampaikan bahwa legalitas kelompok atau paguyuban serta dukungan Peraturan Daerah sebagai payung hukum perencanaan pembangunan merupakan hal yang vital dalam rangka mendukung realisasi program kegiatan.

Setelah berdiskusi rombongan dari Pemkab Lumajang diajak melihat langsung kondisi, situasi serta tata kelola Kampung Kopi Pelita Bondowoso.