Dokumen Pengajuan Ijen Geopark resmi diterima UNESCO. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Ketua Pengurus Harian Ijen Geopark (PHIG) Wilayah Bondowoso, Arif Setyo Raharjo, S.ST.Par., M.Si, yang mendapatkan balasan surat elektronik dari perwakilan UNESCO. “Setelah sekitar 6 bulan berproses, akhirnya kami menerima e-mail balasan dari pihak UNESCO yang menyatakan pengajuan telah diverifikasi dan dinyatakan tuntas oleh Sekretariat UNESCO Global Geoparks.”

Dengan tuntasnya berkas pengajuan Ijen Geopark yang berisikan tentang kajian ilmiah dan berbagai upaya pembangunan serta pemasyarakatan geopark di wilayah Bondowoso dan Banyuwangi, kini PHIG fokus pada persiapan di lapangan.

Baca: Ijen Geopark Corner Dukung Penguatan Informasi Kepada Masyarakat Sekitar Situs

“Sekarang waktunya fokus untuk penguatan bukti di lapangan agar sesuai dengan apa yang telah kita sampaikan dalam dokumen pengajuan.”

Pre-assessment akan dilakukan beberapa kali, salah satunya telah dilakukan oleh Badan Pengelola Ijen Geopark Prov. Jawa Timur beberapa waktu lalu, dan akan berlanjut sampai dengan kunjungan Tim Assessor dari UNESCO.

Baca: Kunjungan Tim Ahli Badan Pengelola Ijen Geopark Provinsi Jawa Timur