Rapat Koordinasi Persiapan Geopark Nasional Ijen Menuju Status UNESCO Global Geopark (UGG)

Rapat Koordinasi Persiapan Geopark Nasional Ijen Menuju Status UNESCO Global Geopark (UGG)

Halo Sobat Wisata.

Keren ngga sih,kalo denger nama Ijen ngga hanya sebatas nama Kawah Ijen saja,tapi juga bernamakan Geopark Nasional Ijen atau Taman Bumi Nasional Ijen yang disahkan oleh PBB/UN (Perserikatan Bangsa-Bangsa/United Nation) alias secara internasional resmi ditetapkannya loh.Wow, jadi merinding gitu yah,ngerasa bangga luar biasa tentunya menjadi kita sebagai bagian dari masyarakat Bondowoso.

Kamis (23/07/2020), pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jawa Timur (Prov. Jatim) @disbudparjatimprov menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) melalui metode Digital Zoom Meeting bersama @kemenparekraf.ri @bappenasri dan beberapa Jajaran Tim Geopark Nasional bersama diantaranya Dinas Pawisata, Pemuda, dan Olahrga (Disparpora), BAPPEDA @bappeda_bondowosokab Kabupaten (Kab.) Bondowoso, perihal Persiapan Geopark Nasional Ijen Menuju Status UNESCO Global Geopark (UGG).

Hadir dalam Rakor tersebut, Kepala Bidang Pariwisata (Kabidpar) Disparpora; Arif Setyo Raharjo, SST.Par., M.Si., dan Kepala Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam BAPPEDA; Sigit Dwi Wahyu, S.T., M.Si. Kabidpar Disparpora mengungkapkan bahwa saat ini Ijen dan sekitarnya atau Geopark Ijen menjadi suatu area potensial sebagai Taman Bumi atau Geopark yang menitikberatkan pada konservasi alam sekaligus pemanfaatan dari sisi pariwisata untuk kemakmuran masyarakat.

Khusus Geopark Ijen terletak di wilayah Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi. Saat ini area tersebut, beberapa kawasan telah menjadi Geopark Nasional yang rencananya kedepan diajukan sebagai penetapan Geopark Internasional oleh UNESCO. Penting bagi semua pihak untuk menyadari bahwa Bondowoso dan Banyuwangi berkomitmen bahwa Geopark Ijen harus dilakukan dengan kolaborasi antar 2 Kabupaten.

Langkah-langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso saat ini, diantaranya:

  1. Pembenahan infrastruktur dan sarana prasarana amenitas di kawasan Geopark Ijen. Area-area yang digarap di area Bondowoso antara lain; Paltuding, Air Terjun Blawan, Puncak Megasari, Kawah Wurung yang merupakan Situs-Situs Geologi yang ada di area Geopark Ijen di Bondowoso.
  2. Saat ini sedang disusun materi Dossier dan Dokumen Inventarisasi Keragaman Geologi. Pada tahun 2019 telah diawali tentang Kajian teknis tentang Geopark Ijen yang telah selesai di tahun 2019 juga.

3.saat ini akan berproses selain Dossier dan Dokumen Teknis Inventarisasi Keragaman Geologi tentang Geopark Ijen, juga akan berproses mengenai Kajian Teknis area Cermee dan Solor.

Adapun kegiatan pendukung penguatan Geopark Ijen adalah terselenggaranya beberapa event yang menjadikan area Dataran Ijen sebagai Locus kegiatannya, baik berskala Nasional dan Internasional, diantaranya; Ijen Trail Running Asian-Tra Master, Ijen Enduro, Ijen Fungsi Fly, Jazz De Ijen, dan beberapa lainnya. Pemberdayaan masyarakat setempat untuk melakukan aktivitas usaha wisata dibeberapa titik destinasi domestik kawasan Ijen Geopark.

Intinya, Geopark ini akan menjadi Integrated Geopark. Harapannya, segera setelah ini dilakukan langkah-langkah taktis dan strategis oleh Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi, serta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) untuk menguatkan agar Geopark Ijen benar-benar berkualitas baik dari sisi konten, produk beserta pemberdayaan masyarakatnya. Pada akhirnya, Geopark Ijen semoga bisa memerikan manfaat untuk pertumbuhan ekonomi, pelestarian alam dan budaya, serta kearifan lokal.

Rapat Koordinasi (Rakor) melalui metode Digital Zoom Meeting
 

Post Your Comment Here

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »