Melaksanakan Kegiatan Verifikasi atas kelayakan operasional Destinasi Wisata dan Usaha Wisata

Melaksanakan Kegiatan Verifikasi atas kelayakan operasional Destinasi Wisata dan Usaha Wisata

Halo Sobat Wisata.
Tim Reaksi Cepat (TRC) Dinas Pariwisata,Pemuda,dan Olahraga (Disparpora) Kab. Bondowoso kembali melaksanakan Verifikasi atas kelayakan operasional Destinasi Wisata dan Usaha Wisata (Hotel/Penginapan, Restoran/Rumah Makan, Cafe/Kedai Kopi) pada hari Rabu (22/07/2020). Terdapat beberapa titik tujuan Layanan Usaha Wisata dan Destinasi Wisata yang menjaadi Daya Tarik Wisata (DTW), yang akan di Verifikasi oleh TRC Disparpora, diantaranya; Hotel Bharata dan Hotel Baru, Desa Wisata Alas Sumur, Desa Wisata Tirta Agung, DTW Agrapana, DTW Wisata Bukit Luwih (WBL) Tapen, dan DTW Kolam Renang WOW Klabang. Verifikasi yang dilakukan selalu mengedepankan pemeriksaan Amenitas atau Perlengkapan Peralatan Operasional sesuai Protokol Kesehatan Destinasi Wisata dan Usaha Wisata pada Tatanan Kehidupan Baru di sektor pariwisata berbasis Peraturan Bupati Nomor.50 Tahun 2020 Kabupaten Bondowoso.
Pelaksanaan proses Verifikasi pada Layanan DTW dan Usaha Jasa Wisata di Kab.Bondowoso yang dilaksanakan oleh TRC Disparpora cukup dilaksanakan sekali dengan bertahap di beberapa titik tujuan. Kemudian setelah fase Recovery pada Time Line yang telah ditentukan, sembari melengkapi Amenitas yang terstandardisasi sesuai Check List proses Verifikasi dengan batas waktu yang telah ditentukan, TRC Disparpora akan kembali terjun ke beberapa titik yang terverifikasi untuk kemudian ditindaklanjuti dengan proses Validasi ditandai dengan penempelan Sticker Validasi kelayakan operasional DTW dan Usaha Jasa Wisata .
Standardisasi tahapan Verifikasi kesiapan Pembukaan Layanan Jasa Usaha Wisata tersebut meliputi; (1). Pemeriksaan kesiapan Amenitas sebagai bahan evaluasi terkait kelengkapannya. TRC Disparpora mengarahkan mengenai kekurangan Amenitas/ Peralatan dan Perlengkapan Operasional
di tiap Usaha Wisata agar segera dilengkapi untuk tindak lanjut Time Line berikutnya, yaitu memberi tanda validasi berupa Sticker atas pemenuhan syarat protokol kesehatan di sektor pariwisata, (2). Proses Validasi, merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan Verifikasi, dimana Usaha Wisata telah melengkapi kekurangan Amenitas Operasional Protokol Kesehatan. Maka tanda Validasi berupa Sticker berlogo New Normal Disparpora-Pemkab.Bondowoso yang ditandatangani oleh Bupati Bondowoso akan dipasang di area tersebut.

Post Your Comment Here

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate ยป