Halo Sobat Wisata.
Verifikasi atas kelayakan Destinasi Wisata dan Usaha Wisata (Hotel/Penginapan, Restoran/Rumah Makan, Cafe/Kedai Kopi) hari ini, Selasa (21/07/2020) dilaksanakan oleh Tim Reaksi Cepat (TRC) Disparpora Kab. Bondowoso ke beberapa Hotel diantaranya; Hotel dan Restoran Dream Land, Grand Padis, Ijen View, dan Palm Hotel. Dalam fase Recovery ini, TRC Disparpora melakukan Verifikasi mengenai kelengkapan peralatan operasional Destinasi Wisata dan Usaha Wisata sesuai protokol kesehatan Tatanan Kehidupan Baru di sektor pariwisata berbasis Peraturan Bupati Nomor.50 Tahun 2020 Kabupaten Bondowoso.
Standardisasi tahapan Verifikasi kesiapan Pembukaan Layanan Jasa Usaha Wisata tersebut meliputi; (1). Pemeriksaan kesiapan Amenitas sebagai bahan evaluasi terkait kelengkapannya. TRC Disparpora mengarahkan mengenai kekurangan Amenitas/ Peralatan dan Perlengkapan Operasional
di tiap Usaha Wisata agar segera dilengkapi untuk tindak lanjut Time Line berikutnya, yaitu memberi tanda validasi berupa Sticker atas pemenuhan syarat protokol kesehatan di sektor pariwisata, (2). Proses Validasi, merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan Verifikasi, dimana Usaha Wisata telah melengkapi kekurangan Amenitas Operasional Protokol Kesehatan. Maka tanda Validasi berupa Sticker berlogo New Normal Disparpora-Pemkab.Bondowoso yang ditandatangani oleh Bupati Bondowoso akan dipasang di area tersebut.
Perlu diketahui, bahwa proses Verifikasi cukup dilaksanakan sekali saja diikuti kemudian pelaksanaan Validasi dengan penempelan Sticker. Sebab pada saat Verifikasi,tidak ada temuan vital pada Usaha Wisata karena pihak pelaku usaha telah mempersiapkan amenitas protokol kesehatan yang terstandar, dan hanya ada beberapa item seperti papan berupa himbauan tertulis yang terpajang saja, yang masih belum terpenuhi.